Bandara Internasional Kualanamu Terus Tingkatkan Layanan Tes COVID-19

Medan – Bandara Internasional Kualanamu terus meningkatkan pelayanan tes COVID-19 bagi para calon penumpang pesawat dengan mengandeng pihak ketiga.

Executive General Manajer PT Angkasa Pura II Kualanamu, Heriyanto Wibowo, Kamis (1/7), mengatakan peningkatan pelayanan tes COVID-19 itu berkat koordinasi yang baik antara pemangku kepentingan di bandara, termasuk PT Angkasa Pura, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes) dan maskapai.

Ia menyebutkan Bandara Kualanamu menyediakan tiga pilihan tesCOVID-19 untuk mendukung dan memudahkan calon penumpang pesawat memenuhi persyaratan kesehatan sebelum melakukan penerbangan, dalam mendukung penerbangan sehat di tengah pandemi.

“Fasilitas layanan tes COVID-19 di Bandara Kualanamu dioperasikan oleh pihak ketiga yang memiliki keahlian dan kompetensi di bidang tersebut,” ujarnya.

Heriyanto menjelaskan layanan RT-PCR dan RT Antigen yang berada di Lantai Mezzanine Bandara Kualanamu yang dikelola oleh Farmalab hadir melayani pengguna jasa bandara dan penerbangan.

Pengguna jasa dapat melakukan registrasi dan memesan/booking test layanan tersebut melalui aplikasi Farmalab.

“Sebagai langkah antisipasi apabila pengguna jasa tidak memiliki smartphone, telah disediakan help desk untuk melakukan pelayanan secara manual,” katanya.

Ia menambahkan, sebelumnya Bandara Kualanamu telah memiliki layanan Drive Thru dan Walk In yang dikelola PT Sumatera Siberia Kompaniya yang berada di Area Parkiran A dan Layanan Genose C-19 yang dikelola Farmalab berbasis Digital yang berada di Atrium Lantai 1 Bandara Kualanamu. (Ant)