Meski Level Dua, Bupati Tapsel Sebut Jangan lengah dan Ingat Prokes

Tapanuli Selatan – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu mengingatkan masyarakatnya agar jangan lengah dan tetap mengingat protokol kesehatan apalagi sedang berada di luar rumah, meskipun wilayah itu masuk level dua atau zona rendah risiko COVID-19.

Bupati sampaikan itu di hadapan para jamaah pada acara Gerakan Shalat Subuh Berjamaah (GSSB) di Masjid Jami’ Aek Mual, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Minggu (12/9).

Dikatakan, pandemi COVID-19 masih melanda dan belum berakhir. Karenanya, semua harus waspada penularan penyakit COVID-19, meski seperti Tapsel kasus terpapar corona virus melandai, masuk zona level dua.

“COVID-19 ini sangat berdampak. Mulai pusat hingga daerah bahkan desa kelurahan ter fokus penanganan COVID-19. Akibatnya, lajunya program pembangunan beberapa terhambat imbas pemotongan anggaran (refocusing). Sehingga mengedepankan pembangunan dengan skala prioritas,” katanya.

Bupati juga menyinggung sektor pertanian Tapsel harus di genjot dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi, mengingat lebih kurang 70 persen masyarakar Tapsel hidup dari lahan pertanian seperti sawah, hortikultura, karet, perikanan dan lainnya.

Terkait kegiatan GSSB, Bupati menyambut baik dalam upaya memakmurkan masjid. Selanjutnya pengelolaan keuangan masjid, dia minta secara profesional dan akuntabel. Lalu, generasi muda yang Islami dalam bermedia sosial kepada hal-hal positif seperti kegiatan masjid dan lainnya.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Tapsel Akhirul Pane, mengatakan kegiatan GSSB merupakan sarana memakmurkan masjid mendekatkan diri kepada Allah SWT, disamping menjaga meningkatkan hubungan yang sinergi antara masyarakat dan pemerintah.

“DMI juga akan melaksanakan pembinaan manajemen masjid sekaligus pembinaan muazin (orang yang melantunkan azan),” ungkap Khairul dalam laporannya di kegiatan GSSB yang juga menghadirkan Al Ustadz Ulman Akhyaruddin memberikan tausyiah.

Turut hadir bersama Bupati di kegiatan sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemkab Tapsel, Pengurus PDM, Camat, tokoh masyarakat, dan tokoh agama setempat. (Ant)