Seorang Praktisi Sebut Upaya Wali Kota Medan Mampu Tekan Penyebaran COVID-19

Medan – Seorang praktisi kesehatan dr Umar Zein DTM&H, SpPD, KPTI, menyebut upaya yang sedang dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution, yakni vaksinasi massal dan isolasi lingkungan dinilai mampu menekan laju penyebaran COVID-19.

“Langkah-langkah pencegahan Wali Kota, harus dilakukan konsisten. Saya menilai, upaya pencegahan sudah sangat bagus. Agar berhasil, pelaksanaannya di lapangan harus dilakukan secara ketat,” ucap Umar di Medan, Kamis (1/7).

Ia menerangkan, di antaranya mulai dari vaksinasi massal dengan berkolaborasi sejumlah pihak terkait akan terus memperkuat program pencegahan warga yang terkonfirmasi virus corona.

Lalu melakukan isolasi lingkungan, yakni Lingkungan 7, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor dan Lingkungan 10, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang beberapa waktu lalu berbuah positif

Terakhir menerbitkan Surat Edaran Wali Kota Medan No.440/5352 tentang PPKM Berskala Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan COVID-19 di Tingkat Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran COVID-19 di Kota Medan yang tengah dijalankan hingga 5 Juli 2021.

“Pengetatan harus dilakukan dari tingkat lingkungan hingga kota, dan penindakan terhadap yang melanggarnya juga harus merata,” terang Umar yang juga dozen di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (UISU).

Ia mencontohkan, sejumlah pasar tradisional tidak sedikit pedagang maupun warga tidak mematuhi protokol kesehatan. Seharusnya, katanya, prokes harus dilakukan secara ketat, sehingga pasar tidak menjadi kluster baru penyebaran COVID-19.

“Pemkot Medan juga harus melakukan monitoring lapangan mulai dari tingkat lingkungan hingga kecamatan. Bisa melibatkan organisasi masyarakat, tokoh agama dan tokoh masyarakat,” terang Umar Zein. (Ant)