Fakta-Fakta Menarik Jelang Perhelatan Oscars 2020

Jakarta, – Dapatkah “Parasite” mengukir sejarah baru untuk memenangkan Piala Oscar di sejumlah kategori bergengsi? Akankah Laura Dern menjadi yang pertama di keluarga filmnya yang mendapatkan patung Oscar?

Berikut ini beberapa fakta menarik dan serba-serbi menjelang Academy Awards ke-92 yang akan dihelat pada Minggu di Hollywood, dilansir AFP, Minggu.

Tujuan besar si “Parasite”

“Parasite” telah membuat sejarah ketika menjadi film Korea Selatan pertama yang dinominasikan untuk kategori film fitur internasional terbaik, film terbaik serta sutradara terbaik dalam Oscars 2020.

Film thriller-dark comedy yang telah meraih banyak penghargaan internasional itu diperkirakan akan menang sebagai film berbahasa asing terbaik, tetapi juga bisa membuat sejarah dengan menjadi film non-bahasa Inggris pertama yang memenangkan film terbaik di ajang Academy Awards.

Prestasi turun-temurun

Laura Dern dinominasikan untuk penghargaan aktris pendukung terbaik atas perannya di “Marriage Story” garapan sutradara Noah Baumbach.

Oscars bukanlah hal yang asing bagi orang tua Dern, yakni Bruce dan Diane Ladd.

Bruce Dern telah mendapatkan dua nominasi Oscar sepanjang karirnya selama puluhan tahun. Pertama di tahun 1979 untuk “Coming Home” dan kedua di tahun 2014 untuk “Nebraska”.

Pada tahun 1992, Laura Dern dan Diane Ladd menjadi duo ibu-anak pertama yang menerima nominasi Oscar untuk film yang sama – “Rambling Rose”, dengan dua nominasi untuk Ladd.

Akankah Laura akan menjadi yang pertama di keluarganya yang benar-benar memenangkan penghargaan? Perlu kita nantikan, mengingat ia baru saja meraih piala BAFTA untuk Aktris Pendukung Terbaik.

Sementara itu, satu-satunya pemenang Oscar yang diraih baik orang tua dan anak adalah Liza Minnelli, yang memenangkan aktris terbaik pada tahun 1973 untuk “Cabaret”.

Sang ibu, Judy Garland, menerima penghargaan khusus pada tahun 1940, tahun setelah “The Wizard of Oz” dirilis.

Ayahnya, Vincente Minnelli memenangkan sutradara terbaik untuk “Gigi” pada tahun 1959.

Asal-usul julukan “Oscar”

Sejumlah pengamat Hollywood mengatakan bahwa Academy Award dijuluki Oscar setelah pustakawan Academy, Margaret Herrick – yang akhirnya menjadi direktur eksekutif, melihat piala itu untuk pertama kalinya dan menganggapnya seperti pamannya yang bernama Oscar.

Sementara legenda Hollywood Bette Davis diduga mengklaim ia telah menjuluki penghargaan itu karena mengingatkannya pada suami pertamanya, musisi Harmon Oscar Nelson Jr, namun kemudian menarik klaim itu, menurut IMDB.

Lalu, The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) secara resmi mengadopsi nama panggilan “Oscar” tersebut pada tahun 1939.

Penghargaan “berat”

Patung di piala Oscar terbuat dari perunggu padat dan berlapis emas 24 karat. Tingginya 13,5 inci (34 cm) dan memiliki berat 8,5 pon (3,8 kg).

Butuh waktu tiga bulan bagi Polich Tallix Fine Art Foundry di New York untuk membuat batch 50 patung. Lebih dari 3.140 patung telah diserahkan sejak 1929.

Piala tersebut mewakili seorang ksatria yang memegang pedang tentara salib yang berdiri di atas gulungan film dengan lima jari yang merujuk pada lima cabang asli Academy, yakni aktor, sutradara, produser, teknisi, dan penulis.

Nomine hidup dengan nominasi terbanyak

Dengan 52 nominasi, komposer John Williams memegang rekor nominasi Oscar terbanyak, dan menjadi yang kedua setelah Walt Disney dengan total 59 nominasi.

John Williams masih mendapatkan nominasi di kategori Best Original Score untuk film “Star Wars” terbaru, “Episode IX – The Rise of Skywalker”.

Williams akan merayakan ulang tahunnya yang ke-88 pada hari Sabtu.

44 juta dolar AS

Penghargaan film Hollywood termegah ini hadir dengan nilai pendanaan 44 juta dolar AS (sekira Rp601,9 miliar) untuk upacara tersebut, menurut situs keuangan WalletHub.

Angka itu sudah termasuk 400 dolar AS untuk setiap patung Oscar dan 24.700 dolar AS untuk karpet merah seluas 16.500 kaki persegi. (Ant)