Gubernur; Prospek Wisata Aek Sijorni Tapsel Cukup Menjanjikan

Tapanuli Selatan – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyebut Prospek wisata alam Air Terjun Aek Sijorni, di Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan sangat cukup menjanjikan dan perlu dikembangkan.

Selain mengagumi wisata alam air terjun Aek Sijorni, kedatangan Sumut 1 (istilah jabatan Gubsu) di Aek Sijorni ingin melihat langsung potensi objek-objek wisata di Sumatera Utara sekalian menghadiri Pra Musrembang zona Pantai Barat di Mandailing Natal.

Pasalnya Provinsi Sumatera Utara untuk tahun 2020 akan fokus dalam pengembangan objek wisata sebagai basis terdepan dalam rangka mendorong peningkatan ekonomi.

“Sehingga nantinya beliau (Gubsu) bisa memasukkan Aek Sijorni kedalam konsep kepariwisataan,” kata Sekda Tapanuli Selatan Parulian Nasution yang ikut mendampingi gubernur meninjau Aek Sijorni, Jumat (21/2).

Kepada Parulian dan rombongan lainnya, gubernur mengakui nama Aek (air) Sijorni sudah tidak asing lagi sebagai daerah bersejarah, karena di daerah ini tempat seorang tuan syeh Syahbuddin.

“Gubsu juga mengatakan perlunya dibangun jalan sekeliling hingga puncak wisata Aek Sijorni agar bisa Mobil masuk (parkir) leluasa, tujuannya supaya ada menambah daya tarik pengunjung,” kata Parulian.

Selain itu pembangunan jembatan permanen menggantikan bangunan rambin untuk mempermudah akses masuk termauk kendaraan mobil, sebab lokasinya strategis dipinggir Jalan Nasional.

“Gubsu sempat mendapatkan jawaban sekitar menghabiskan anggaran senilai Rp 4-5 milyar atas pertanyaan yang dilontarkan kepada Efendi Pohan terkait biaya pembangunan jembatan permanen itu,” ujar Parulian.

Balai Benih Ikan yang berada di lokasi objek wisata tersebut juga tidak luput dari saran gubernur untuk dimanfaatkan secara intensif untuk pengembangan bibit ikan.

Terpisah, Camat Kecamatan Sayur Matinggi Emmy Farida kepada awak media , mengatakan, cukup mengapresiasi Gubsu yang didampingi isterinya dan rombongan mengunjungi objek wisata Aek Sijorni.

“Semoga kunjungan gubernur ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara terlebih untuk menarik investor agar mau melirik Aek Sijorni yang pada gilirannya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,”  (Ant)