KAI Sumut Kurangi Frekuensi Kereta Api Medan – Rantauprapat

Medan  – Manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara (Sumut) mengurangi frekuensi perjalanan kereta api (KA) jarak jauh Sribilah premium tujuan Medan – Rantau Prapat – Medan untuk menekan mobilitas masyarakat setelah terjadi wabah virus corona (COVID-19).

“Pengurangan frekuensi perjalanan KA di rute itu yang sebanyak dua kali (PP) diberlakukan mulai  27 – 31 Maret 2020,” ujar Vice President PT KAI (Persero) Divre I Sumut, Daniel Johannes Hutabarat di Medan, Jumat.

Jadwal perjalanan KA yang dihentikan sementara itu adalah KA Sribilah premium (U62) (Medan – Rantauprapat) pukul 10.30 WIB dan KA U61 dari Rantauprapat – Medan pukul 17.25 WIB.

Sebelumnya rute Medan -Rantauprapat – Medan per hari dilayani dengan delapan kali perjalanan.

“Manajemen KA minta maaf atas kebijakan tersebut, namun langkah itu diambil untuk menekan penyebaran COVID-19 yang juga merupakan imbauan pemerintah,” katanya.

Manajemen menetapkan KA yang dihentikan sementara itu dengan memilih jadwal yang penumpangnya turun pasca-COVID -19.

Tujuannya, ujar Daniel, agar masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan KA lain untuk transportasinya.

Dia menegaskan, bagi calon penumpang yang sudah  membeli tiket sudah dialihkan ke KA lain dan mendapat kelas yang sama atau lebih tinggi dan KAI tidak mengenakan penambahan uang tiket.

Sebaliknya, jika dialihkan lalu mendapat kelas yang lebih rendah, maka KAI akan memberikan bea pengembalian di stasiun kedatangan, dengan batas waktu pengembalian tiga hari dari tanggal yang tertera di tiket.

“Namun jika penumpang tidak berkenan dialihkan perjalanannya ke KA lain dan memilih untuk membatalkan perjalanan, maka KAI akan mengembalikan harga tiket secara penuh 100 persen di luar bea pesan secara tunai,” katanya.

Pembatalan tiket dapat dilakukan di stasiun keberangkatan atau stasiun lain.

“KAI terus melakukan evaluasi sejalan dengan perkembangan COVID-19 dan arahan pemerintah,” ujar Daniel.

Sebelum rute Medan – Rantauprapat -Medan, KAI juga sudah menghentikan sementara delapan perjalanan KA Medan – Binjai – Medan.(Ant)